Cakra ,Cupu, Lathoif,MAQOM

Cakra adalah titik pusat energi yang ada di dalam tubuh bioplasmik manusia. Pengetahuan tentang cakra ini sebenarnya berasal dari timur. Negara-negara barat termasuk Eropa pada awalnya tidak menganut keyakinan ini, dengan kata lain mereka tidak percaya dengan adanya cakra. Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, baik di bidang kesehatan, kedokteran modern atau bela diri, orang – orang barat mulai banyak yang setuju dengan konsep adanya titik cakra dalam tubuh manusia. Bahkan, mereka sudah menciptakan alat yang bisa melihat cakra dalam waktu yang sangat singkat. Cakra tidak lagi dilihat secara mata batin, tetapi benar-benar muncul dalam olah digital.
Cakra tidak terlihat dalam tubuh fisik. Kalau tubuh manusia dibedah, anda tidak akan menemukan bagian cakra. Mengapa ? Karena cakra letaknya ada pada tubuh bioplasmik.
Tubuh bioplasmik adalah cetakan tubuh fisik manusia, yang benar-benar menyerupai tubuh fisik. Ada kepala, lengan, kaki, badan, dan sebagainya. Disebut bio karena hidup, dan plasmik berasal dari istilah plasma.. Plasma disini tidak sama dengan plasma darah. Plasma adalah istilah untuk menyebut bahan keempat dalam pembentukan suatu unsur fisika, selain padat, cair, dan gas. Wujud tubuh bioplasmik itulah yang muncul ke permukaan tubuh fisik manusia, dan kemudian disebut dengan aura.
Diyakini ada 365 titik cakra dalam tubuh manusia, tetapi jumlah titik cakra yang utama (mayor) hanya ada tujuh. Yang tujuh ini sudah dianggap mewakili cakra lain yang jumlahnya ratusan itu. Masing-masing orang berbeda pendapat tentang apa saja tujuh titik cakra manusia. Tetapi saya sendiri meyakini, tujuh titik cakra (menurut versi keilmuan saya), tujuh titik cakra itu adalah :
- Cakra Mahkota
- Cakra Ajna
- Cakra Hidung
- Cakra Tenggorokan
- Cakra Jantung
- Cakra Solar Plexux
- Cakra Kundalini
Salah satu fungsi cakra adalah untuk menyerap energi hidup atau prana alam yang ada di jagad raya. Tanpa prana alam, semua makhluk hidup akan mati. Energi prana alam inilah yang membuat manusia, hewan, dan tumbuhan bisa hidup dan menikmati dunia.


7 titik cakra. Masing-masing disiplin ilmu tenaga dalam berbeda dalam penentuan 7 titik cakra utama.
Dalam kaitannya dengan pembangkitan tenaga dalam, seharusnya tujuh titik cakra ini dibuka atau diselaraskan oleh orang yang ahli di bidang ini. Cakra utama harus diselaraskan dengan energi besar yang dibangkitkan, agar terhindar dari kondisi ketidakseimbangan, yang dapat berakibat sebaliknya pada tubuh dan jiwa manusia, seperti sakit, gangguan kejiwaan, halusinasi, dan sebagainya


CUPU
Cupu adalah wadah berbentuk bulat telur yang terletak di telapak kaki kanan dan kiri, serta di tengah-tengah kepala atau dibelakang ajna. Cupu ini adalah wadah yang berisi energi hakikat tubuh dan merupakan generator energi dalam tubuh kita, ini adalah pusat energi. Cupu-cupu ini secara garis besar terdapat dalam ketiga lokasi tersebut diatas, dan disebut sebagai Cupu Besi Kursani, Cupu Besi Kursani Bulan dan Cupu Serat Kalam. Masing-masing cupu mempunyai kekuatan dan fungsinya yang spesifik. Cupu Besi Kursani, merupakan generator energi tubuh yang mengandung unsur besi.

Cupu ini terletak di telapak kaki kanan, didalam tubuh eterik energi manusia. Besi Kursani mempunyai fungsi daya keselamatan diri termasuk kekebalan tubuh terhadap segala serangan senjata tajam. Setelah terbangkitkan maka Besi Kursani akan terhimpun di cakra solar plexus.

Cupu Besi Kursani Bulan, merupakan pembangkit energi tubuh yang mengandung inti zat besi metafisik yang ada di tubuh eterik manusia. Inti besi ini terletak di telapak kaki manusia bagian kiri. Inti zat besi metafisik ini berbeda dengan zat besi fisik yg terkandung dalam darah, namun demikian masih memilik karakter seperti besi walau terletak dalam tubuh energi manusia dan mempunyai sifat pesona daya tarik sinar bulan purnama. Inti Besi Kursani Bulan terletak dalam wadah atau cupu sebesar telur puyuh di telapak kaki kiri di tubuh eterik. Setelah dibangkitkan akan terhimpun di cakra ajna.

Cupu Serat Kalam, ini merupakan pembangkit terkuat dan menghimpun kekuatan kedua Cupu diatas. Cupu Serat Kalam terletak di tengah-tengah kepala atau dibelakang ajna. Setelah dibangkitkan energi dari cupu ini akan tersebar keseluruh tubuh dan terhimpun di cakra ajna dan cakra anahata.

Pembangkitan Ilmu Hakikat Cupu Tubuh, membangkitkan kekuatan ketiga Cupu diatas, sehingga terbentuklah sebuah kekuatan rahasia yang luar biasa, tubuh diselimuti oleh energi rahasia yang berfungsi baik bagi kekuatan batin, radar gaib dan perlindungan. Cupu-cupu itu tidak akan habis energinya selagi manusia masih hidup, dia akan terus berproses dan terhimpun. Inilah anugrah Sang Empunya Maha yang selayaknya kita berdayakan

LATHOIF

1. Latifatul-qolby Di sini letaknya sifat-sifat syetan, iblis, kekufuran, kemusyrikan, ketahayulan dan lain-lain, letaknya dua jari dibawah susu sebelah kiri, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya, Insya Allah pada tingkat ini digantidengan Iman, Islam, Ihsan, Tauhid dan Ma’rifat.

2. Latifatul-roh Di sini letaknya sifat bahimiyah (binatang jinak) menuruti hawa nafsu, , letaknya dua jari dibawah sususebelah kanan, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah di isi dengan khusyu’ dan tawadhu’.

 3. Latifatus-sirri Di sini letaknya sifat-sifat syabiyah (binatang buas) yaitu sifat zalim atau aniaya, pemarah danpendendam, , letaknya dua jari diatas susu sebelah kiri, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allahdiganti dengan sifat kasih sayang dan ramah tamah.
4. Latifatul-khafi Di sini letaknya sifat-sifat pendengki, khianat dan sifat-sifat syaitoniyah, , letaknya dua jari diatas sususebelah kanan, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat syukur dansabar.
5. Latifatul-akhfa Di sini letaknya sifat-sifat robbaniyah yaitu riya’, takabbur, ujub, suma’ dan lain-lain, , letaknya ditengah-tengah dada, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat ikhlas, khusyu’,tadarru dan tafakur.
6. Latifatun-nafsun-natiqo Di sini letaknya sifat-sifat nafsu amarrah banyak khayalan dan panjang angan-angan, , letaknya tepatdiantara dua kening, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat tenteramdan pikiran tenang.
7. Latifah kullu-jasad Di sini letaknya sifat-sifat jahil “ghaflah” kebendaan dan kelalaian, , letaknya diseluruh tubuh mengendaraisemua aliran darah kita yang letak titik pusatnya di tepat ditengah-tengah ubun-ubun kepala kita, Kitabuat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat ilmu dan amal.


Maqom

Maqam atau posisi pengembaraan spiritual yang tinggi. Dan posisi itu tersusun dalam rangkaian ilmu, hal dan amal sebagaimana posisi-posisi lain.

Syekh Ahmad Kamsakhanawi membagi maqam atau posisi sebagai berikut:

1. Yaqodhoh

Yaqodhoh berarti sadar dari kelalaian dan segera berupaya untuk kembali kepada Allah.

2. Taubah

Taubah berarti berusaha meninggalkan maksiat dan meninggalkan tindakan dan ucapan yang berlebihan.

3. Muhasabah

Muhasabah artinya berusaha untuk menimbang antara kebaikan dan keburukan.

4. Inabah

Inabah artinya kembali kepada kebajikan setelah taubah.

5. Tafakur

Tafakur artinya menajamkan indera batin (basirah) dan intuisi demi mencapai kemampuan dalam memahami sesuatu yang bersifat gaib.

6. Tadzakur

Tadzakur artinya mengambil hikmah dan mawa’id dari setiap kejadian.

7. I’tisham

I’tisham artinya berteguh untuk memegang perintah-perintah Allah dengan cara melakukan ketaatan berdasarkan kitab Al-Quran dan Sunnah Rasul.

8. Firar

Firar artinya menghindari segala sesuatu yang menyebabkan terbengkalainya ketaatan dan berupaya menghindari kemaksiatan dengan berupaya untuk mengendalikan hawa nafsu.

9. Riyadhah

Riyadhah artinya meninggalkan keinginan-keinginan dan meminimalisir atas tuntutan hak-hak dan disertai dengan melatih anggota tubuh untuk selalu sejalan berdasarkan syara’ dan tidak mengikuti tuntutan karakter.

10. Sima’

Sima’ artinya memperhatikan janji dan ancaman Allah SWT.



Mengapa saya berikan istilah diatas ?
karena banyak sekali pengertian simpang siur mengenai cakra, cupu, lathoif dan maqom dan ada kecenderungan manusia untuk mendapatkan semuanya secara cepat mudah, instan, kalau perlu gratis . CKCKCKCK

dari keempat istilah diatas dan pengertiannya, dibalik kesamaan dan perbedaannya dapat ditarik kesimpulan (kesamaannya lebih kearah semuanya adalah tempat bermuaranya keilmuan, keadaan atau posisi), perbedaannya lebih ke arah sudut pandang, dimana cakra ada diluar tubuh (di tubuh bioplasmik) mirip dengan cakra ada lathoif...

Nah  kalau kita tarik garis lurus, untuk mencapai cakra/maqom/lathoif, Cupu tertentu dibutuhkan suatu proses. Bukan menyangkal, tetapi saya akan mengambil ilustrasi seperti ini...

ketika anda di sekolah SD diajarkan berhitung, nah anda disebut lulus SD jika kemampuan dasar yang diajarkan di SD yaitu berhitung dapat dikuasai, juga SMP dst, sekarang pertanyaannya, bisa tidak anak SD lompat ke SMP ? mirip dengan bisa tidak kita lompat maqom? atau menguasai semua cakra langsung naik posisi ?

bisa saja, dulu saya saking penasarannya di SD, saya belajar sampai lompat, karena materi kelas 4 habis, saya ambil kelas 5 dan kelas 6, malah 1 smp. tidak bermaksud sombong, nah caranya memang butuh perjuangan selain belajar di kelas sendiri, saya membeli buku buku tambahan untuk kelas 5,6. Hehehe jadi modal lah, moso ngemis, minta buku GRATISAN

jadi menguasai ilmu atau mencapai suatu maqom tertentu, atau misalnya anda pingin kebal, ya tentunya harus dengan usaha. tidak GRATISAN, surfing internet  cari barangkali ada yang gratis
saya sudah surfing dan main diinternet tahun 90 an, kayaknya barang gratisan yang efeknya bagus dan terlihat itu tidak ada... kencing saja bayar sekarang, sampai saya (maaf tidak bermaksud menyindir), ada orang orang yang dikatakan pencari GRETONGAN alias GRATISAN, modalnya omong aja, ngaku pingin beli, nyatanya cari cari cela, barangkali dapat gratisan, dia belajar dari tahun 90 an, scan tangan, sensai, yah sudah sampai saat ini 2013, bisanya ? cuman itu, peka, scan tangan...

ini saya belajar dari tukang ketoprak di dekat rumah, aneh sih, dulu dia jual ketoprak, cuman laku 30 piring, dari pagi sampai malam.... begitu dan seterusnya sampai 13 tahun berlalu. Lalu dia nekad, dia pinjam uang dari orang tuanya, gadaikan sawah, gerobak ketoprak diubah dia jadi bagus, lalu dipanjangin dikasi tempat kompor gas, goreng tahu, rebus taoge, tempat lampu.

logika di kalangan GRETONGAN, wah rugi tuh, bodohh si tukang ketoprak, sampai ngutang lagi, mengidngan kerja siang malam pasti duitnya banyak... tapi nyatanya dia sudah lakukan itu 13 tahun dan cuman laku 30 piring, siang malam.

Aneh ketika gerobak berubah, hanya dalam waktu 3-4 jam , ketoprak dia ludes, dia masak lagi, 3-4 jam lagi ludes, lalu masak lagi untuk shift malam, ludes lagi... kira kira kenaikan omsetnya dari 30 sampai 90 piring ckckckckc

kebodohan yang menurut gretongan, tetapi berbuah manis... kok bisa terjadi ?
karena tukang ketoprak itu KeLuar DARI KOTAK  (mindset dia, habis 30 piring ya sudah), makanya dia menyediakan stok 30 piring.

dia telah melakukan keluar kotak, benar benar berjudi dengan kehidupan sampai di level, berhasil atau mati... nah biasanya orang di level ini, akan keluar segenap kekuatan dia dan benar !!! sekarang omset dia naik 90 piring, pasti sawah yang digadaikan akan dapat ditebus dalam waktu cepat.

sama seperti belajar ilmu,  yang saya tahu IMHO.... tidak ada ilmu kebal dan hebat smpai bisa didemokan terus menerus dan GRETONGAN alias gratis, saya sudah mencari dari tahun 99 sampai sekarang dan memang TIDAK ADA.

Sekarang semuanya berbalik kepada ANDA...
kalau mau bisa ilmu, bisa suatu level diatas anda... anda harus KELUAR DARI KOTAK KOTAK BATAS ANDA.

berfikir ilmu bisa didapatkan gratis, ya alam kasih gratis tetapi tidak sepenuh hati ya mungkin seperti reiki masih bisa, tetapi kalau sudah kebal, sentrum, listrik, bedah gaib, sepertinya tidak AKAN BISA, malah saya ada teman yang sudah lebih senior bisa 20-30 tahun berkecimpung di dunia beginian, juga karena mindSET GRATIS, yah itu saja bisanya... MINDSET dan KOTAKNYA tidak berubah... KOTAK GRATISAN...

semoga sukses


Share:

0 komentar